Thursday, December 1, 2016

Menari: Merawat Perbedaan

"Gerakan apa yang paling kamu suka?"
Pertanyaan itu selalu ada di setiap akhir sesi latihan tari.
Biasanya anak-anak cuma jawab gerakan tertentu yang mereka bisa, atau yang mudah untuk dilakukan.

Tapi ketika materi gerakan sudah semuanya dihapal, jawaban mereka berubah.

"Kalau aku suka semuanya"
Itupun harus berebutan jawabnya 😁😂




Kegiatan ini bermula dari usulan Ibu RT sebelah. Ketika sudah mulai grasak-grusuk menyambut 17an, rasanya kok lingkungan adem ayem saja. Biasanya ada acara besar entah panggung atau syukuran di RW. Yang sibuk juga hanya orang tua. Anak mudanya tidak ada yang riweh. Apalagi anak-anak. Sepi. Dibanding dulu jaman saya, masih ada sepeda hias yang mewajibkan anak-anak untuk beli kertas crepe dan ngumpul untuk hias bareng. Selain itu, dulu saya juga mondar-mandir naik panggung untuk nari di acara-acara kampung (kecil-kecil gini udah pinter minta saweran :P).

Ibu Aisyah bilang, "Mbak Lia, ajarin anak-anak RT 5 nari ya buat tampil 17an"
Sebenernya waktunya sudah mepet. menjelang 1-2 minggu dan anak-anak bisanya kumpul weekend. Tapi sempet saya ajarin nari juga meskipun belum tahu bakal ditampilkan atau engga.
`
Selesai 17an, Ibu Aisyah minta untuk kegiatan ini dilanjutkan.
"Mbak Lia, kita bikin sanggar kecil-kecilan aja, nanti saya yang koordinir..."
Sejujurnya pernah kepikiran, tapi kadang masih ada egois untuk tidak terikat di satu kegiatan karena masih ada utang belajar IELTS. Akhirnya tetep jadi juga meskipun kepotong 2-3 minggu karena saya tinggal ke Kampung Inggris.

Anak-anak yang hadir awalnya cuma 5 orang. Itu pun tinggalnya bukan di RT saya jadi saya baru tahu wajah-wajahnya. Mereka selalu datang jam 7.45. Kewalahan karena belom beres-beres rumah dan siapin sarapan buat ayah. Mereka udah manggil-manggil dari gerbang yang ternyata belum saya bukain. Semakin lama, mereka ternyata ajak temen sekelas, temen satu pengajian, temen sepermainan, dan garasi belakang yang awalnya lapang jadi keliatan sempit. Ngajarnya awalnya asik karena perkembangannya mirip-mirip. Tapi setiap kali latihan pasti ada anak baru dan bingung mau ngajar dari awal atau ngelancarin gerakan.

Untungnya ada Mega, mahasiswa kampus orens jurusan IT yang lulusan sanggar Setu Babakan. Rumahnya ternyata deket meskipun beda RT. Dikenalin Mega juga gara-gara Bu Aisyah. Mega ini orangnya kocak pinter bercanda tapi malah jadi sasaran dibully bocah-bocah. Mega sendiri ikhlas ngejalanin ini (?) dan mau direpotin kalau ada anak baru yang minta ajarin dari awal.

Bu Aisyah sendiri sebenarnya suka menari. Dia bisa ngajarin nari kreasi yang gampang dicerna bocah-bocah.
Bu Aisyah bilang, "Mbak Lia, kita mulai memang begini, sama-sama belajar. Banyak memang kesulitannya, atau komplain orangtua, atau anak-anak yang kadang rewel karena capek atau bosen. Tapi kalau saya sih, biar mereka ada kenangan yang bagus nanti kalau sudah besar. Mereka pernah belajar nari daerah, pernah pentas, pernah latihan sambil main sama temen-temennya. "





Buat saya, menari adalah cara saya merawat perbedaan. Mengenal budaya dari ragam daerah dengan prinsip tari: wiraga, wirasa, wirama. Mengenal itu melalui raga, merasakan dengan hati, lalu mendengar untuk menyamakan iramanya.








Semangat latihan untuk pentas di hari ibu nanti 😆







No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...