Tuesday, July 8, 2014

The Next Target?

Akan jadi apakah saya setelah ini?

Cita-cita saya Alhamdulillaah hampir terwujud satu: Lulus dari jurusan yang saya minati, dengan cara yang semenyenangkan mungkin, dengan hasil yang sangat saya syukuri.
Jadi flashback lagi deh kenapa dulu saya pilih jurusan ini : Arsitektur Interior
Dari dulu saya cuma ingin jadi pekerja kreatif. Dengan skill gambar dan crafting saya yang kayaknya menurun dari Ibu, saya yakin jalan saya ke arah sana.
Pekerja kreatif, kan banyak? Yang mana yang mau kamu pilih?
Tadinya saya mau pilih jurusan murni seni. Tapi apa daya, tidak diperbolehkan sama ayah.
Tapi lalu saya menurut (dan sangat saya syukuri) untuk masuk arsitektur.
Arsitektur, saya yang sangat buta dengan hal itu, saya pikir itu cuma urusan bangunan tinggi dan rumah aja.
Tapi, satu kata ini ajaib banget, arsitektur itu sekompleks, bahkan lebih kompleks dari kedokteran (kalo menurut saya yaa)
Arsitektur itu manusia dan selubungnya.
Arsitektur itu alam dan isinya
Arsitektur itu gabungan seluruh ilmu, bisa dibilang
Arsitektur itu primitif dan futuristik
Arsitektur itu mansifestasi kerumitan dunia seni yang memiliki aplikasi
Arsitektur itu abstrak yang menjadi konkrit, atau sebaliknya
Ah, ilmu saya masih cetek untuk mendefinisikan arsitektur.
Semakin dalam saya belajar tentangnya, saya semakin sukaaa~

Okay, setelah lulus dari sini, apa yang akan saya lakukan dengan predikat Sarjana Arsitektur saya?

Kelebihan:
Saya punya skill yang menurut saya sangat berguna di dunia arsitektur. Belajar dari beragam project, terbangun atau tidak terbangun, saya tipe pembelajar yang cepat dan bisa terima tekanan. Buktinya saya jarang banget nangis kalo ngerjain tugas (hahahaaa ini bukan parameter bener sih) Tapi, saya buktikan, dibanding dengan teman yang lain, saya ambil banyak pekerjaan lain di luar kuliah utama dan saya masih bisa handle semua (multitasking banget) Dibalik sifat saya yang gampang bosan, saya punya banyak kegiatan pengalih kebosanan saya.
Saya bisa handle digital, sketsa, photography, dan mungkin ke depannya pengen naikin skill video-audio
Untuk konsep, saya masih pede kok. Saya suka otak-atik konsep, mainin sketsa, form, model. Naah tinggal skill keterbangunan dan material sih yang masih mesti banyak belajar~

Minat:
Saya punya banyak minat dengan latar belakang beda-beda bangeet
1. Fashion
2. Furniture
3. Produk
4. Stage Design
5. Craft
6. Arsitektur Tradisional
7. Desain Pameran
8. Artifisial Habitat untuk hewan liar (zooo~~)
9. Fotografi
10. Enterpreneur
11. Wedding Organizer
12. Relawan
13. Pendidik
14. Ilustrator
15. Seniman
16. Tradisional Performing Art (udah 16 tahun saya jadi penari)
ataau profesi dahsyat kayak Jay Subyakto: Art Director~

Secara umum saya suka mengerjakan project terbangun~ rasanya puaas banget kalau udah ngerjain maksimal. Project terbangun itu bisa apa aja, interior kah, instalasi kah, pameran kah, dll. Beberapa terinspirasi juga sama orang-orang yang bekerja di balik pameran, tata panggung, dan lainnya.
Tapi sebenarnya saya masih suka belajar juga. Belajar konsep, teori dari buku, bikin ringkasan, diskusi (bahkan sempet iseng ikutan diskusi filsafat di Salihara hhahahaa)
Mungkin~ kalau mau berdiri sendiri, saya udah ada ancang-ancang untuk bikin 'Clothing line',
Udah memulai bikin brand illustrasi dan dicetak juga~
Udah memulai bikin brand desain craft dan produk bareng 2 temen lainnya
Pelaksanaannyaa masih godok ciri khas dan produknya
Tapiii saya pengen bangeet bisa sekolah di luar negeri khusus jurusan saya: Arsitektur Interior. Masih cari-cari caranya menuju sana. Katanya akan lebih enak kalau mau sekolah tapi masuk sebagai dosen dan mengabdi di sana. Entahlah... saya pengen-ga-pengen jadi dosen sih.. Saya pengennya banyak jalan-jalan (hahaaa), lihat hal baru, kerjain macem-macem proyek, berdiri dengan kaki saya sendiri. Mungkin habis ini saya mau mulai dari desain pameran dulu untuk belajar konsep dan material, di sela-sela itu saya tetap ngerjain hobi ilustrasi dan fashion saya buat jualan, juga tetep jalan-jalan dan mengamati hasil jalan-jalan saya, jadi hobi fotografinya tetap dipake. Mungkin kalo serius bisa ditulis jadi buku juga (cita-cita saya juga buat nulis buku).

Jadiii apa langkah konkrit saya selanjutnyaa?
Bikin portfolio,
mulai buka clothing line dan bikin baju (hobi yang harus disalurkan!)
les bahasa inggris,
sembari kerja, enterpreneur, jadi relawan sana-sini masih bisa lah yaaa, juga serius cari sekolah keluar negeri.
Mimpi saya masiiih banyaaak~~

Bismillah,
Ibaratnya posisi saya kali ini udah di ujung tebing,
Habis ini saya harus langsung terjun,
Jadi doakan saja ya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...